Sejarah

Keberhasilan SMA Negeri 1 Ponggok disebabkan oleh perpaduan disiplin yang tinggi dari para siswa dan arahan pimpinan sekolah serta bimbingan staf pengajar dan seluruh piranti sekolah. Memang untuk piranti / tenaga pengajar dan tata usaha masih terdapat honorer namun karena recruitmen tepat sehingga tergolong professional

SMA Negeri 1 Ponggok secara resmi berdiri pada tanggal 10 Oktober 1999 yang pada awal perintisannya dibidani oleh guru – guru SMA Negeri 1 Srengat dan beberapa diantaranya sekarang menjadi guru tetap SMA Negeri 1 Ponggok.

Saat ini SMA Negeri 1 Ponggok memiliki 39 orang tenaga guru yang menagajarsesuai dengan latar belakang pendidikan dan tamat jenjang pendidikan strata ( S1 ) dan dibantu staf karyawan. Adapun jumlah kelas saat ini berjumlah 12 kelas. Jumlah kegiatan ektra kurikuler yang cukup dan dengan adanya perlengkapan komputer yang memadai dapat membuat SMA Negeri 1 Ponggok menjadi maju dan meninggalkan kesan bahwa SMA yang baru berdiri bukan berarti kualitasnya rendah dibanding SMA yang lain.

Demikian sekelumit tentang cerita singkat SMA Negeri 1 Ponggok dalam menapak jejak demi hari esok yang lebih menggembirakan. Semoga bendera SMA Negeri 1 Ponggok selalu dan semakin berkibar di masyarakat. SMA Negeri 1 Ponggok yang terletak di Desa Gebongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar sudah lebih dari 6 tahun berada yang keberadaannya mulai dekenal masyarakat sekitarnya. Hal ini terlihat dari domisili pejabat yang berasal dar berbagai kecamatan di sekitarnya. Selain itu juga dikenal dari perolehan prestasi yang pernah diraih baik mbidang ketangkasan, maupun akademis.